Sabtu, 24 April 2010

bentuk bentuk pasar

BENTUK-BENTUK PASAR
KELAS X SMA
SMTR 1
PERHATIKAN BENTUK-BENTUK PASAR DIBAWAH INI !
PETA KONSEP
PASAR NYATA
Tempat bertemunyapenjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa
Ciri :
Memerlukan kontak fisik
Exp : pasar tradisional
PASAR ABSTRAK
Pasar dimana penjual dan pembeli tidak harus melakukan pertemuan
Penjual hanya perlu mengajukan contoh barang
Exp : bursa komoditi, bursa saham
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
CIRI-CIRI
Jumlah penjual banyak
Produk yang dijual bersifat homogen
Tidak ada halangan masuk/keluar pasar (free entry barrier)
Penjual dan pembeli memiliki pengertian yang sempurna tentang pasar
Distribusi produk relatif lancar
exp : pasar buah, sayur mayur


PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Kelemahan
Konsumen tidak banyak punya pilihan karena barang homogen
Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal
exp : pasar buah, sayur mayur

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Kurva Permintaan dan penawaran yg dihadapi perusahaan dalam pasar persaingan sempurna
PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
CIRI-CIRI
Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak dalam persaingan sempurna
Terdapat diferensiasi (perbedaan produk )
Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
Terdapat persaingan yang ketat dalam kualitas dan iklan
PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
KELEBIHAN
Penjual dapat meningkatkan keuntungan yang diperoleh
Memacu kreativitas produsen
Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini
PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
KELEMAHAN
Biaya mahal untuk masuk ke pasar monopolistik
Persaingan sangat berat
Pasar sabun mandi, shampo, rokok,pasar novel, kaset, CD, game
Pasar Oligopoli
CIRI
Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar
Ada produsen yang menawarkan barang serupa (produk yang tidak terdiferensiasi), namun ada pula produsen yang menawarkan model atau fitur yang berbeda (produk dengan diferensiasi)
Exp :pasar sepeda motor, mobil semen baja, aluminium
Pasar Oligopoli
KELEBIHAN
Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan investasi besar untuk masuk
Jual penjual yg sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan
Pasar Oligopoli
KELEMAHAN
Terdapat rintangan yg kuat untuk masuk pasar karena investasi yg tinggi
Akan terjadi perang harga
Produsen bisa melakukan kerja sama (kartel) yg pada akhirnya akan merugikan konsumen
PASAR MONOPOLI
CIRI-CIRI
Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yg sama
Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli
Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang
Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
Harga ditentukan oleh perusahaan
PASAR MONOPOLI
KELEBIHAN
Keuntungan penjual cukup tinggi
Pemerintah mengatur produk yg menguasai hajat hidup orang banyak
Air, listrik, kereta api
PASAR MONOPOLI
KELEMAHAN
Pembeli tidak ada pilihan untuk membeli barang
Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
Terjadi eksploitasi pembeli
PASAR MONOPOLI
Alasan pesaing tidak bisa masuk dalam pasar monopoli :
Sumber Daya kunci dikuasai oleh satu perusahaan tunggal
Pemerintah memberi hak eksklusif kepada sebuah perusahaan tunggal untuk memproduksi dan menjual barang tertentu
Biaya-biaya produksi menjadi lebih efisien jika hanya ada satu produsen tunggal yg membuat produk tsb dibanding banyak perusahaan
MONOPOLI
JENIS-JENIS PERSAINGAN DAN KARAKTERISTIKNYA
BENTUK PASAR DARI SISI PERMINTAAN
PASAR MONOPSONI
PASAR OLIGOPSONI
Exp : peternak sapi yang hanya bisa menjual pada satu atau beberapa pabrik susu saja, PLN, PT Kereta Api Indonesia

PASAR MONOPSONI
DEFINISI
Sebuah pasar dengan pembeli tunggal dan banyak penjual
Exp : PLN menguasai penetapan harga tiang listrik di Indonesia
PASAR OLIGOPSONI
DEFINISI
Pasar dimana terdapat beberapa pembeli dengan banyak penjual
Exp :Telkom, Indosat, Exelcomindo, Mobile-8 adalah beberapa pembeli infrastruktur telekomunikasi seluler
PERAN PEMERINTAH DALAM PENENTUAN HARGA PASAR
PENETAPAN HARGA ECERAN
PERAN PEMERINTAH DALAM PENENTUAN HARGA PASAR
PENETAPAN PAJAK
KURVA
PERAN PEMERINTAH DALAM PENENTUAN HARGA PASAR
PEMBERIAN SUBSIDI
KURVA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar